Minggu, 20 Maret 2011

PKM-GT KARYA TULIS ILMIAH


KATA PENGANTAR

Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, maka kami dapat menyusun makalah dalam Program Kreativitas Mahasiswa dengan judul BUNO (BUAH PEPINO) SANG "SUPERFRUIT" ALTERNATIF BAGI KESEHATAN MANUSIA.
Karya ini berisikan tentang betapa pentingnya arti kesehatan bagi setiap manusia. Kesehatan yang sangat berarti ini pasti setiap manusia akan menjaga kondisi tubuhnya. Menjaga kesehatan dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti olahraga dan pola makan. Salah satu cara menjaga kesehatan yakni mengkonsumsi buah-buahan. Buah merupakan cara terpercaya untuk menjaga kesehatan tubuh. Dari buah-buahan dapat menjaga kesehatan tubuh dari berbagai macam penyakit.
Kami menyadari bahwa penulisan ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu dibutuhkan kritik dan saran yang bersifatkonstruktif demi kesempurnaan penulisan karya tulis ini.



Surabaya, 02 Maret 2011

Tim penulis












           












BUNO (BUAH PEPINO) SANG "SUPERFRUIT"
ALTERNATIF BAGI KESEHATAN MANUSIA

Nuru Ahdini, Depit Mirawati, Chalimatus Sa’diyah
UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA
RINGKASAN
            Kesehatan sangatlah penting bagi setiap orang. Banyak yang mengatakan bahwa kesehatan adalah segalanya. Arti dari kesehatan lebih dari arti materi ataupun ekonomi. Sehingga kesehatan harus senantiasa di jaga. Apabila kesehatan terjaga dengan baik maka kondisi dalam tubuh akan seimbang. Namun saat ini berbagai macam penyakit banyak menyerang kesehatan tubuh manusia. Penyakit tersebut dapat timbul dari berbagai sebab baik dari pola makan seseorang yang tidak seimbang tanpa adanya kontrol atau seseorang yang rentan terhadap kondisi di luar tubuhnya. Kondisi luar tubuh yang biasa terjadi karena serangan mikroba seperti bakteri atau virus. Akibat yang ditimbulkan dari mikroba ini banyak dijumpai pada penyakit sembelit, diare, wasir, atau bahkan kanker.kanker merupakan salah satu penyakit yang sampai saat ini belum bisa disembuhkan secara totalitas, namun kanker dapat dicegah. Sedangkan kondisi dalam tubuh manusia dapat terjadi karena pola makan yang kurang teratur. Pola makan ini biasanya berakibat pada kondisi dalam tubuh kurang seimbang. Dampak yang ditimbulkan pada kondisi tubuh dari dalam ini banyak dijumpai pada penyakit diabetes, kolesterol, dan sariawan.
            Gagasan kreatif yang ingin kami sampaikan adalah salah satu cara yang baik digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh dari dalam dengan mengkonsumsi buah-buahan. Buah-buahan sebagai cara alternatif untuk menjaga kesehatan tubuh dari dalam karena buah banyak mengandung antioksidan dan manfaat lainnya. Gagasan kreatif yang kami buat yakni mengkonsumsi buah pepino sebagai buah yang dapat dipercaya mengobati berbagai macam penyakit. Buah ini telah dibuktikan dengan penelitian dan riset para ahli makanan dan pertanian yang membuktikan bahwa buah pepino ini banyak mengandung kebutuhan-kebutuhan yang digunakan dalam tubuh.












PENDAHULUAN
Latar Belakang


            Buah adalah salah satu jenis makanan yang memiliki kandungan gizi, vitamin dan mineral yang pada umumnya sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari. Dibandingkan dengan suplemen obat-obatan kimia yang dijual di toko-toko, buah jauh lebih aman tanpa efek samping yang berbahaya serta dari sisi harga umumnya jauh lebih murah dibanding suplemen yang memiliki fungsi yang sama. Buah seringkali memiliki nilai ekonomi sebagai bahan pangan maupun bahan baku industri karena di dalamnya disimpan berbagai macam produk metabolisme tumbuhan, mulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, alkaloid, hingga terpena dan terpenoid. Di balik rasanya yang enak, buah-buahan sebenarnya mengandungi khasiat yang tinggi untuk kesehatan. Buah diperkaya dengan zat galian yang mempunyai nilai perubahan dan mampu mengobati berbagai jenis penyakit. Buah-buahan yang sudah dikenal masyarakat adalah apel, jeruk, semangka, belimbing, stroberi, anggur dan lain sebagainya yang mempuyai kandungan-kandungan yang sangat penting bagi tubuh.
Sama halnya dengan buah pepino. Buah pepino (Solanum muricatum Aiton)  adalah buah sejenis melon. Sebutan lain untuk buah pepino adalah buah melodi, puspita, husada dewa, merong, dan cabai manis. Tanaman perdu sesuku dengan lombok, terong dan tomat ini aslinya ditanam di daerah Amerika Selatan, Chili, Selandia Baru dan Australia Barat. Di Chili, lebih dari 400 hektar ditanam di Lembah Longotoma dengan skala besar untuk diekspor. Kolombia, Peru, dan Ekuador juga menanam tanaman ini, tetapi pada skala yang lebih kecil. Di luar wilayah Andes, telah ditanam di berbagai negara Amerika Tengah, Maroko, Spanyol, Israel, dan dataran tinggi Kenya. Di Amerika Serikat beberapa ratus hektar pepino ditanam dalam skala kecil-kecil di Hawai dan Kalifornia. Di Indonesia buah ini pertama kali di datangkan pada masa penjajahan Belanda dan dapat tumbuh subur dan berkembang dengan baik pada dataran tinggi seperti kawasan puncak. Buah ini banyak dibudidayakan di daerah Dieng-Jawa Tengah dan daerah Puncak-Jawa Barat, Indonesia.
Buah pepino ini berbentuk lonjong seperti terung serta mempunyai ukuran seperti terung muda. Daging atau bahan yang dapat dikonsumsi dari buah ini berwarna hijau muda seperti warna daging buah melon atau mentimun. Buah yang biasa dijadikan alternatif kesehatan tubuh manusia mempunyai kulit luar yang berwarna hijau dan ungu. Pada umumnya buah pepino yang banyak dijumpai memiliki warna dasar hijau dengan lekukan corak garis cokelat muda yang bisa berubah kekuningan bila matang. Namun ada juga buah pepino yang kita jumpai ini berwarna ungu berbintik putih dengan corak garis ungu tua. Buah ini mempunyai bentuk dan ukuran yang bermacam-macam. Beberapa bentuk dari buah pepino seperti tetesan air mata, bulat telur, oval, atau panjang menyerupai terung. Panjang dari buah pepino ini kurang lebih 15 cm. Dengan satu buah pepino memiliki berat kira-kira ¼ kg. Harga dari buah pepino untuk 1 kg antara Rp 7000 sampai Rp 15.000. buah pepino bisa bertahan selama 2 sampai 3 minggu tanpa harus disimpan dalam lemari es. Dapat diartikan bahwa harga dari buah pepino ini merupakan buah yang terjangkau untuk kalangan masyarakat serta mudah untuk didapat. Sehingga banyak kalangan masyarakat yang mengkonsumsi buah ini sebagai buah kesehatan.
Masyarakat telah mempercayakan kepada buah sebagai alternatif untuk menjaga kondisi dan kesehatan tubuh. Begitu juga dengan buah pepino yang kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Buah ini kaya berbagai kandungan gizi, misalnya vitamin C, protein, beta karoten, asam, dan serat. Apabila pepino dilihat dari kandungan vitaminnya, Pepino memiliki kandungan vitamin C tinggi. Dalam 100 gram pepino terkandung 25,1 mg vitamin C. Selain kandungan vitamin C, pepino juga memiliki kandungan protein kurang lebih hanya 0,6 gram per 100 gram. Meski begitu, kandungan protein nabati dalam pepino dinilai dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan daya tahan tubuh. Menurut Sue Baic, peneliti dari British Dietetic Association, pepino mengandung kalium dalam jumlah tinggi yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Kalium juga berperan mengatur elektrolit tubuh, mengatur denyut jantung, menurunkan risiko stroke dan penyakit jantung. Karena itu konsumsi pepino sangat dianjurkan untuk penderita hipertensi dan penyakit jantung. Lebih lengkap, berdasarkan hasil analisa laboratorium uji teknologi pangan dan hasil pertanian UGM, buah ini memiliki kandungan asam, beta karoten, vitamin C, Protein dan serat pati yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Dari hasil penelitian ini pepino terbukti rendah lemak karena 95% kandungannya adalah air. Setiap 100 gram buah pepino mengandung vitamin C 25,1 mg, Protein, 0,6 gram, beta karoten 26,6 mg dan asam 79,3 mg.


TUJUAN dan MANFAAT
Tujuan
Adapun tujuan dari penulisan ini adalah
  1. Mengetahui manfaat alami dari buah pepino untuk kesehatan tubuh manusia.
  2. Memanfaatkan kelebihan dari buah pepino sebagai obat alami untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Manfaat
Manfaat yang diharapkan dari penulisan ini adalah
  1. Masyarakat dapat mengetahui lebih banyak tentang manfaat buah pepino untuk kesehatan.
  2. Dapat menjadikan buah pepino sebagai alternatif pengobatan berbagai macam penyakit.

GAGASAN
Kondisi Kekinian Pecetus Gagasan
            Kondisi yang terjadi saat ini adalah banyaknya penyakit yang dapat mengganggu kesehatan manusia. Pemicu munculnya penyakit yang mengganggu kesehatan manusia itu dapat dari dalam maupun dari luar. Penyakit adalah suatu keadaan abnormal dari tubuh atau pikiran yang menyebabkan ketidaknyamanan, disfungsi atau kesukaran terhadap orang dipengaruhinya (http://wikipedia.org). Sehingga dapat dikatakan bahwa penyakit dapat mengganggu kesehatan manusia atau orang yang sedang sakit. Saat ini banyak kalangan masyarakat yang mempercayakan kesehatan tubuhnya pada obat-obatan kimia. Obat-obatan kimia yang disarankan oleh para tenaga medis sesuai dengan kondisi si penderita dapat dipercaya mampu menyembuhkan penyakit secara tepat atau bahkan cepat. Sehingga banyak masyarakat mempercayakan pada obat-obatan kimia. Selain itu obat-obatan kimia dipercaya melalui pengolahan yang akurat dan terjamin mutunya. Akurat dari segi takaran baik pemilihan bahannya sesuai indikasi dari masing-masing obat. Terjamin dari segi pengolahan, peracikan, dan pengemasan. Dari pabrik-pabrik farmasi tentunya obat-obatan diolah secara terjamin kebersihan dan sesuai dengan takaran. Meraciknya pun penuh dengan ketelitian serta memperhatikan kemasan yang sesuai dengan kondisi obat. Obat-obatan kimia dibuat untuk memenuhi kebutuhan dunia kesehatan. Namun dalam kenyataaannya terkadang dijumpai suatu keadaan kontra terhadap obat-obatan kimia. Keadaan kontra ini dimaksudkan pada keadaan yang seharusnya tidak terjadi.
Di lapangan banyak dijumpai keluhan masyarakat yang merasakan semakin mahalnya harga obat-obatan. Kondisi ini tentunya sangat menekan para masyarakat yang berada di kalangan bawah. Semakin mahalnya obat-obatan maka semakin sulitnya keinginan untuk memperoleh kesehatan.
Banyak masyarakat mengeluhkan betapa kondisi dari dunia kesehatan harus lebih ditingkatkan lagi. Dunia kesehatan merupakan dunia yang berperan penting untuk menciptakan suatu lingkungan masyarakat yang sehat. Kesehatan mempengaruhi dari setiap kondisi masing-masing individu. Apabila kesehatan individu tersebut baik maka dapat menunjang aktifitas dan memberikan positive value yang ada dalam diri secara jasmani maupun rohani. Apa pepatah mengatakan Mensana in Corpore Sano yang menjelaskan bahwa di dalam jiwa yang sehat terdapat tubuh yang kuat. Dari pepatah ini jelas mengatakan bahwa jiwa yang sehat memunculkan fisik yang baik. Fisik sebagai “wadah” yang dimiliki oleh setiap masing-masing individu. Fisik juga sebagai penunjang utama aktifitas sesseorang. Apabila seseorang dalam keadaan lemah atau sakit maka fisiknya tidak dapat menunjang kelancaran aktifitas. Telah dinyatakan bahwa apabila seseorang memiliki fisik yang kuat dan bagus maka seseorang itu akan mudah berkarya dan didukung dengan kondisi rohani atau jiwa yang baik. Sebaliknya juga, apabila seseorang memiliki rohani yang baik maka akan menimbulkan jasmani yang semakin kuat.
Para masyarakat kini meyakini bahwa kesehatan sangatlah penting. Sehingga banyak cara yang ditempuh untuk menjaga kondisi badan agar tetap sehat. Selain dari obat-obatan kimia, menjaga kesehatan dapat melalui alternatif lain. Alternatif lainnya banyak dilakukan melalui cara yang alami. Salah satunya dengan mengkonsumsi buah-buahan. Buah yang telah dipercaya kaya akan kandungan alami baik untuk tubuh. Dari buah akan banyak memperoleh kandungan zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Tubuh akan mengolah kemudian mencerna daging dari buah lalu diambil serat atau sari-sari zat di dalam buah.
            Cara alternatif yang telah dikenal oleh banyak masyarakat ini merupakan salah satu cara yang efektif dan efisien. Efektif baik dari segi penggunaan dan pemerolehan. Efisien baik dari segi pemakaian dan pengolahannya. Buah yang dikenal sebagai cara alternatif menjaga kesehatan tubuh sudah terbukti secara nyata baik dengan penelitian, riset, atau bahkan pembuktian secara langsung di lapangan. Apabila dilihat dari segi nilai efektifnya, maka buah mendapatkan prioritas lebih daripada obat-obatan kimia. Masyarakat kini juga telah banyak mempercayakan keseimbangan kondisi tubuh pada buah-buahan.

Solusi yang Pernah ditawarkan
            Untuk membuktikan kualitas dari kandungan buah-buahan, Laboratorium Uji Teknologi Pangan dan hasil Pertanian Universitas Gajah Mada telah melakukan penelitian pada buah pepino. Dari hasil penelitian itu didapat hasil dari dalam 100 gram pepino terkandung 25,1 mg vitamin C. Selain itu juga terdapat kandungan betakaroten dalam 100 gram pepino sebesar 26,6 mg. Zat ini merupakan provitamin A, yang dalam tubuh akan diubah menjadi vitamin A. Dari hasil penelitian ini pasti sangat berguna bagi dunia kesehatan. Karena selain dari obat-obatan dapat terbantu dari kandungan alamiah buah-buahan. Para dokter juga telah menganjurkan kepada pasiennya untuk mengkonsumsi buah-buahan sebagai faktor penambah dalam kesembuhan.
            Para penderita kanker juga telah diberikan solusi untuk mengkonsumsi buah-buahan secara berkelanjutan. Terutama untuk konsumsi buah pepino yang mengandung betakaroten untuk mengobati sel-sel kanker yang aktif. Selain penderita kanker dapat diatasi dengan chemo therapy juga dianjurkan selalu mengkonsumsi buah pepino.
            Telah banyak anjuran betapa pentingnya manfaat buah-buahan bagi tubuh manusia. Serta bidang ekonomi yang banyak menggalakkan juicer untuk memperoleh kebaikan alami di dalam buah secara lebih mudah. Selain itu telah dibuktikan bahwa cara juice atau yang disebut dengan cara menghaluskan lebih mudah diserap kebaikan-kebaikan alami dalam buah oleh tubuh daripada buah yang masih berbentuk pejal.

Seberapa Jauh Kondisi Kekinian Pencetus gagasan
Kondisi  pada kenyataannya memberikan suatu kesimpulan bahwa masih banyak masyarakat yang belum mengetahui banyaknya kandungan alami pada buah-buahan terutama pada buah pepino. Masyarakat rata-rata masih mengandalkan obat-obatan kimia yang dipercaya lebih manjur meskipun terkadang harganya kurang terjangkau. Dari kesimpulan tersebut dapat teridentifikasi masih adanya kekurangan-kekurangan yang diantaranya :
1.      Asingnya nama buah pepino di kalangan masyarakat. Para masyarakat awam belum seluruhnya mengenal buah pepino. Banyak juga para pedagang buah yang tidak menjual buah pepino. Pepino hanya dijual di tempat-tempat tertentu saja.
2.      Banyak masyarakat awam yang belum mengetahui bahwa banyak kandungan-kandungan baik terdapat dalam buah-buahan. Masyarakat masih percaya bahwa satu-satunya obat hanya ditemukan pada obat-obatan kimia.
3.      Masih adanya rasa kurang ringkas dalam mengolah buah-buahan sebagai obat atau penunjang alami bagi kesehatan tubuh. Hal ini dapat ditemukan pada rasa kurang aktifnya beberapa masyarakat untuk membeli buah-buahan karena terbatasnya waktu dan bentuk dalam mengkonsumsi buah. Pada kenyataannya masih banyak masyarakat yang malas untuk menghaluskan buah-buahan untuk cepat penyerapan kandungan alami dalam buah.

Pihak-pihak yang Dipertimbangkan dapat Membantu
            Kekurangan yang masih terdapat dalam pemanfaatan buah-buahan terutama buah pepino dapat didukung oleh adanya pihak-pihak yang terkait dalam bidang peningkatan kesehatan masyarakat. Oleh sebab itu, pihak-pihak tersebut dapat dijadikan pemicu tergalaknya peningkatan kualitas masyarakat yang sehat. Pihak-pihak tersebut diantaranya :
1.      Universitas yang dapat mewadahi terlaksananya program kesehatan masyarakat. Selain itu juga dapat diharapkan mampu melaksanakan program penelitian dan uji kandungan makanan serta mampu menciptakan mahasiswa-mahasiswa yang aktif berkarya dan bertindak dalam pengolahan bahan alami dari buah untuk kesehatan masyarakat.
2.      Departemen Kesehatan sebagai pemicu untuk terlaksananya program peningkatan kesehatan masyarakat.
3.      Para ekonom dapat menggagas hasil pertanian pada buah pepino agar buah pepino banyak dijual oleh pedagang buah-buahan sehingga para pembeli tidak kesulitan untuk mendapatkan buah yang dikenal sebagai buah melodi dari Amerika.
Para pihak yang terkait tersebut diharapkan mampu meningkatkan kesehatan masyarakat melalui pengobatan alternatif secara alami dari buah-buahan terutama kandungan yang terdapat pada buah pepino.

Langkah-langkah Strategis
            Sesuai dengan hasil analisis yang kami lakukan, mendapatkan sebuah gagasan yang kreatif dan cukup signifikan. Dengan gagasan tersebut kami membuat sebuah kesimpulan dengan metode global dari seluruh fakta-fakta yang kami temukan di lapangan. Berdasarkan hasil yang kami peroleh dapat mengemukakan gagasan yang kami buat sesuai dengan bagan di bawah ini.
           


Keterangan gambar :
  1. Buah-buahan

 Buah yang mempunyai banyak kandungan zat-zat alami diperlukan oleh tubuh. Dibuktikan oleh riset dan penelitian para ahli.

  1. Buah Pepino

 Buah pepino ini berkhasiat untuk mengobati segala macam penyakit yang ada pada tubuh manusia. Pepino masih cukup asing bagi masyarakat.

  1. Pertanian

 Pertanian yang berperan penting dalam pembudidayaan buah pepino. Pepino dapat dimanfaatkan secara baik.

  1. Masyarakat

 Masyarakat sebagai objek utama dari siklus yang kami buat. Karena dengan masyarakat buah pepino akan dapat terus diolah menjadi buah yang bermanfaat bagi kesehatan manusia sehingga nanti akan menimbulkan timbal balik secara tidak langsung pada keberadaan buah pepino.

            Adanya buah sangat bermanfaat bagi manusia. Buah mempunyai peranan penting dalam menjaga kesehatan tubuh dari dalam. Buah yang kaya akan kandungan alami salah satunya dapat kita jumpai pada buah pepino. Dari aneka macam buah-buahan mempunyai salah satu jenis buah yang dikenal dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Pepino merupakan buah yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit tersebut. Sebagai salah satunya yakni diabetes, kolersterol, sariawan, atau bahkan kanker. Peran pentingnya pepino tidak lepas dari manusia sebagai subjek. Dalam keberlangsungan pepino, manusia dapat menjadi subjek dan objek. Subjeknya dapat ditemukan pada pertanian yang dimulai dari penanaman bibit sampai pendistribusian pada pedagang-pedagang buah. Selain sebagai subjek, manusia juga menjadi objek. Manusia sebagai objek dimaksudkan pada pemanfaatan kandungan alami pada buah pepino. Manfaat alami dari buah pepino akan ikut serta menjaga kesehatan dan menyembuhkan penyakit yang sedang diderita. Dengan mengkonsumsi pepino maka akan mempunyai harapan untuk sembuh dan sehat.

KESIMPULAN
Gagasan yang diajukan
            Gagasan yang kami ajukan berisikan bahwa ketahuan akan masyarakat kepada arti pentingnya kesehatan yang dapat diperoleh dari berbagai macam cara. Kepedulian masyarakat ini kepada kesehatan sangatlah penting untuk membentuk masyarakat sehat baik dari dalam maupun dari luar. Kesehatan itu dapat diraih kesadaran dari dalam diri masyarakat untuk mengkonsumsi bahan-bahan alami. Bahan-bahan alami itu banyak -diperoleh dari buah-buahan seperti pada buah pepino. Untuk memaksimalkan upaya tersebut kami mengenalkan manfaat alami yang terdapat dalam buah pepino sebagai buah yang kaya akan manfaat kesehatan bagi tubuh.

Teknik Implementasi
            Dalam mendukung upaya kesehatan secara maksimal dapat dengan mengimplementasikan pengujian kadar bahan kandungan makanan secara ilmiah. Pengujian tersebut dapat dilakukan pada pihak-pihak yang telah terlatih sesuai bidangnya. Pengimplementasian tersebut tidak lepas dari peran universitas atau sekolah tinggi yang mempunyai kemampuan untuk melakukan uji bahan kandungan alami pada buah-buahan. Upaya juga didukung oleh adanya pihak pertanian yang selalu menjaga kualitas dari produk buah-buahan terutama pada buah pepino. Buah yang masih bisa dikatakan langka atau asing ini perlu untuk dikenalkan lagi pada masyarakat. Dengan pengenalan lebih lanjut maka masyarakat dapat menambah pengetahuannya serta memberi respon balik berupa nilai positif pada buah pepino. Selain daripada itu dapat memberi manfaat pada hasil pertanian.

Manfaat Gagasan
            Manfaat yang dapat diperoleh dari buah pepino sangatlah banyak. Buah pepino yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit sangatlah mempunyai peran penting di masyarakat. Sebagai obat altenatif juga sebagai penjaga kesehatan manusia. Selain dari obat-obatan kimia maka menyembuhkan penyakit juga bisa dilakukan oleh buah pepino.

Dampak Gagasan
            Dampak dari buah pepino dapat melangsungkan kesehatan tubuh dari dalam sehingga membentuk masyarakat yang sehat dari jasmani dan rohani. Dari kesehatan tubuh yang terjaga maka akan menunjang keberlangsungan aktifitas sehari-hari. Dengan aktifitas sehari-hari yang bermakna dapat menjadikan pribadi yang unggul sebagai anggota masyarakat yang sehat.

DAFTAR PUSTAKA
Abi. 2011. Pepino Sang Buah Ajaib. Diunduh dari http://www.part-time-job.110mb.com/pepino/index.php.  Tanggal 03 maret 2011 Jam 09.00 WIB.

Ahira, Anne. 2010. Pepino, Makanan Pencegah Diabetes. Diunduh dari www.anneahira.com/makanan-pencegah-diabetes.html. Tanggal 03 Maret 2011. Jam 10.00 WIB.

Ali, Iqbal. 2010. Pepino Sang Buah Ajaib Memahami dan Mengobati Kekurangan Kalium. Diunduh dari http://iqbalali.blogspot.com. Tanggal 02 Maret 2011. Jam 07.00 WIB.

Annuri. 2010. Memahami dan Mengobati Kekurangan Kalium. Diunduh dari http://wapannuri.com/a.kesehatan/kekurangan_kalium.html.  Tanggal 03 Maret 2011. Jam 08.00 WIB.

Edj. “Mencicipi Ranumnya Laba Buah Pepino”. Dalam Kompas, 15 Oktober, 2009. Jakarta.

Hariyani, Ninok. 2005. Buah Melodi, Si Putih yang Menyegarkan. Diunduh dari http://indosiar.com. Tanggal 04 Maret 2011. Jam 08.00 WIB.

Ibrahim. 2010. Buah-buahan Untuk Mengobati Kanker. Diunduh dari http://seputarkita.info/tag/buah-buahan-untuk-mengobati-kanker.com. Tanggal 02 Maret 2011. Jam 13.00 WIB.

Ide, Pangkalan. 2010. Health Secret of Pepino. Jakarta:Elex Media Komputindo.

Kompas. “Pepino, Buah Pereda Sariawan”. Dalam Kompas, 4 Juni, 2010. Surabaya.

Koran Jakarta. 24 Oktober 2009. “Petani Nongkojajar Menjual Pepino Dengan Paket Agrowisata”. Halaman 2.

Mail. 2010. Arti Penting Kesehatan. Diunduh dari  http://www.klipingku.com/result-page/arti%20penting%20kesehatan. Tanggal 02 Maret 2011. Jam 15.00 WIB.

Smallcrab. Pepino, Buah Eksotis Manfaat Super. Diunduh dari http://www.smallcrab.com/kesehatan/810-pepino-buah-eksotis-manfaat-super.  Tanggal 03 Maret 2011. Jam 11.10 WIB.

Universitas Hasanuddin. 2011. Manfaat Buah Peponi . diunduh dari http://fkunhas.com/l/manfaat+buah+pepino+untuk+penderita+diabetes+atau+katarak.html. Tanggal 03 Maret 2011. Jam 12.00 WIB.

Wikipedia. 2011. Penyakit. Diunduh dari http://id.wikipedia.org/wiki. Tanggal 03 Maret 2011. Jam 11.00 WIB.



























Tidak ada komentar:

Posting Komentar