Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : IV/1
Standar Kompetensi : 2. Memahami hubungan antara struktur daun tumbuhan dengan fungsinya.
Kompetensi Dasar : 2.3 Menjelaskan hubungan antara struktur daun tumbuhan dengan fungsinya.
2.4 Menjelaskan hubungan antara bunga dengan fungsinya.
No. | Kompetensi Dasar | Indikator | Kognitif | Psikomotor | Afektif | |||
Informasi Verbal | Keterampilan Intelektual | Strategi Kognitif | Produk | Proses | ||||
Produk (apa yang harus dilakukan) | ||||||||
1. | Menjelaskan hubungan antara struktur daun tumbuhan dengan fungsinya. | 2.3.1 Membedakan struktur daun. | Struktur daun. | Perbedaan struktur daun. | Manfaat daun bagi tumbuhan hijau. | Membawa dua daun tumbuhan yang berbeda jenis seperti daun singkong dengan daun mangga. | Mengumpulkan hasil kerja secara individu atau tugas baik berupa gambar atau hasil diskusi yang diberikan oleh guru tentang daun. | |
| | 2.3.2 Menyebutkan bagian-bagian daun. | Bagian daun. | Arti dan penjelasan dari bagian-bagian daun. | Peran bagian-bagian daun bagi tumbuhan. | Membuat bagan dari bagian-bagian daun. | | |
| | 2.3.3. Menjelaskan fungsi daun bagi tumbuhan. | Fungsi daun. | Penjelasan dari kegunaan daun. | Manfaat daun untuk tumbuhan. | Menggambar tumbuhan tanaman jagung. | | |
| | 2.3.4 Mendeskripsikan ciri-ciri dari setiap bagian-bagian daun | Ciri-ciri daun. | Deskripsi ciri-ciri daun. | Arti penting dari ciri-ciri yang dimiliki daun. | Menunjukkan dua gambar tanaman yang berbeda bentuk seperti tanaman jagung dengan tanaman anggrek. | | |
Proses (apa yang harus dibuat) | ||||||||
| | 2.3.5 Membuat rangkuman struktur daun. | Struktur daun. | Ringkasan stuktur daun. | Paham stuktur daun dengan mudah. | Menggambar daun mangga pada selembar kertas A4. | | |
| | 2.3.6 Menulis arti kata dari struktur daun. | Struktur daun. | Pengenalan arti kata struktur. | Pentingnya arti struktur yang dimiliki daun bagi tumbuhan hijau. | Memberi penjelasan tambahan pada gambar daun mangga yang telah dikerjakan. | | |
| | 2.3.7 Membaca rangkuman struktur daun yang telah dibuat di depan kelas. | | Definisi struktur daun. | Berani menunjukkan hasil proses belajar struktur daun yang telah dilakukan siswa. | Menunjukkan gambar daun mangga yang telah diwarna serta diberi keterangan pada teman-teman di depan kelas. | | |
Produk (apa yang harus dilakukan) | ||||||||
2. | Menjelaskan hubungan antara bunga dan fungsinya. | 2.4.1. Membedakan struktur bunga. | Struktur bunga. | Perbedaan struktur bunga. | Manfaat bunga pada tumbuhan. | Menyanyikan lagu “Kebunku”. | | |
| | 2.4.2. Menyebutkan bagian-bagian bunga. | Bagian bunga. | Arti dan penjelasan dari bagian-bagian bunga. | Kegunaan bagian-bagian bunga. | Mewarnai gambar bunga dengan warna yang menarik. | | |
| | 2.4.3 Menyebutkan fungsi bagian-bagian bunga. | Fungsi bunga. | Pengertian dari kegunaan bagian-bagian bunga. | Manfaat bagian-bagian bunga. | Menjelaskan bagian-bagian bunga pada teman-teman di depan kelas. | | |
| | 2.4.4 Menjelaskan ciri-ciri dari struktur bunga beserta fungsinya. | Ciri-ciri struktur bunga. | Pengenalan ciri-ciri strukutur bunga. | Tahu ciri-ciri struktur bunga. | Menunjukkan ciri-ciri dua struktur bunga yang berbeda. | | |
| | 2.4.5 Mendeskripsikan struktur bunga dengan ciri-ciri di depan teman-teman. | | Deskripsi ciri-ciri struktur bunga. | Perbedaan ciri-ciri yang dimiliki setiap struktur bunga. | Membedakan ciri-ciri dua struktur bunga yang berbeda. | | |
Proses (apa yang harus dibuat) | ||||||||
| | 2.4.6 Mengenalkan ciri-ciri bunga. | Bibit bunga. | Bunga mempunyai bibit. | Bibit bunga yang ditanam di tanah dapat tumbuh. | Membeli bibit bunga yang akan ditanam di pot. | | |
| | 2.4.7 Menunjukkan ciri-ciri dan fungsi bunga di depan kelas. | Pot Bunga. | Bunga dapat ditanam di pot berisi tanah. | Tidak hanya di tanah luas, tetapi bunga dapat ditanam di dalam pot dengan tanah yang sedikit. | Menanam bunga dalam pot. Menanam bunga di dalam pot kecil untuk dipelihara. | | |
| | 2.4.8 Membawa bunga yang telah ditanam dalam pot untuk penghias taman di sekolah. | Bunga penghias. | Bunga dapat dijadikan hiasan. | Bunga yang indah dan menarik dijadikan tumbuhan penghias taman. | Membawa bunga yang berbeda bentuk seperti bunga mawar dengan bunga melati. | | |
| | 2.4.9 Mengamati bunga yang telah ditanam dalam pot masing-masing siswa. | Bunga dalam pot. | Bunga dapat tumbuh di pot berisi tanah. | Tidak hanya di tanah luas, tetapi bunga dapat tumbuh di dalam pot dengan tanah yang sedikit. | | | |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar