Minggu, 20 Maret 2011

Taksonomi Gagne pada Standar Kompetensi Kelas IV Sekolah Dasar

Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester            : IV/1
Standar Kompetensi   : 2. Memahami hubungan antara struktur daun tumbuhan dengan fungsinya.
Kompetensi Dasar       : 2.3 Menjelaskan hubungan antara struktur daun tumbuhan dengan fungsinya.
                                     2.4 Menjelaskan hubungan antara bunga dengan fungsinya.

No.
Kompetensi Dasar
Indikator
Kognitif
Psikomotor
Afektif
Informasi Verbal
Keterampilan Intelektual
Strategi Kognitif
Produk
Proses
Produk (apa yang harus dilakukan)
1.
Menjelaskan hubungan antara struktur daun tumbuhan dengan fungsinya.
2.3.1 Membedakan struktur daun.
Struktur daun.
Perbedaan struktur daun.
Manfaat daun bagi tumbuhan hijau.
Membawa dua daun tumbuhan yang berbeda jenis seperti daun singkong dengan daun mangga.
Mengumpulkan hasil kerja secara individu atau tugas baik berupa gambar atau hasil diskusi yang diberikan oleh guru tentang daun.



2.3.2 Menyebutkan bagian-bagian daun.
Bagian daun.

Arti dan penjelasan dari bagian-bagian daun.

Peran bagian-bagian daun bagi  tumbuhan.
Membuat bagan dari bagian-bagian daun.




2.3.3. Menjelaskan fungsi daun bagi tumbuhan.
Fungsi daun.

Penjelasan dari kegunaan daun.

Manfaat daun untuk tumbuhan.
Menggambar tumbuhan tanaman jagung.




2.3.4 Mendeskripsikan ciri-ciri dari setiap bagian-bagian daun
Ciri-ciri daun.
Deskripsi ciri-ciri daun.
Arti penting dari ciri-ciri yang dimiliki daun.
Menunjukkan dua gambar tanaman yang berbeda bentuk seperti tanaman jagung dengan tanaman anggrek.


Proses (apa yang harus dibuat)


2.3.5 Membuat rangkuman struktur daun.
Struktur daun.
Ringkasan stuktur daun.
Paham stuktur daun dengan mudah.
Menggambar daun mangga pada selembar kertas A4.




2.3.6 Menulis arti kata dari struktur daun.
Struktur daun.
Pengenalan arti kata struktur.
Pentingnya arti struktur yang dimiliki daun bagi tumbuhan hijau.
Memberi penjelasan tambahan pada gambar daun mangga yang telah dikerjakan.




2.3.7 Membaca rangkuman struktur daun yang telah dibuat di depan kelas.

Definisi struktur daun.
Berani menunjukkan hasil proses belajar struktur daun yang telah dilakukan siswa.
Menunjukkan gambar daun mangga yang telah diwarna serta diberi keterangan pada teman-teman di depan kelas.


Produk (apa yang harus dilakukan)
2.
Menjelaskan hubungan antara bunga dan fungsinya.
2.4.1. Membedakan struktur bunga.
Struktur bunga.
Perbedaan struktur bunga.

Manfaat bunga pada tumbuhan.
Menyanyikan lagu “Kebunku”.




2.4.2. Menyebutkan bagian-bagian bunga.
Bagian bunga.

Arti dan penjelasan dari bagian-bagian bunga.

Kegunaan bagian-bagian bunga.
Mewarnai gambar bunga dengan warna yang menarik.




2.4.3 Menyebutkan fungsi bagian-bagian bunga.
Fungsi bunga.
Pengertian dari kegunaan bagian-bagian bunga.

Manfaat bagian-bagian bunga.
Menjelaskan bagian-bagian bunga pada teman-teman di depan kelas.




2.4.4 Menjelaskan ciri-ciri dari struktur bunga beserta fungsinya.
Ciri-ciri struktur bunga.
Pengenalan ciri-ciri strukutur bunga.
Tahu ciri-ciri struktur bunga.
Menunjukkan ciri-ciri dua struktur bunga yang berbeda.




2.4.5 Mendeskripsikan struktur bunga dengan ciri-ciri di depan teman-teman.

Deskripsi ciri-ciri struktur bunga.
Perbedaan ciri-ciri yang dimiliki setiap struktur bunga.
Membedakan ciri-ciri dua struktur bunga yang berbeda.


Proses (apa yang harus dibuat)


2.4.6 Mengenalkan ciri-ciri bunga.
Bibit bunga.
Bunga mempunyai bibit.
Bibit bunga yang ditanam di tanah dapat tumbuh.
Membeli bibit bunga yang akan ditanam di pot.




2.4.7 Menunjukkan ciri-ciri dan fungsi bunga di depan kelas.
Pot Bunga.
Bunga dapat ditanam di pot berisi tanah.
Tidak hanya di tanah luas, tetapi bunga dapat ditanam di dalam pot dengan tanah yang sedikit.
Menanam bunga dalam pot.
Menanam bunga di dalam pot kecil untuk dipelihara.




2.4.8 Membawa bunga yang telah ditanam dalam pot untuk penghias taman di sekolah.
Bunga penghias.
Bunga dapat dijadikan hiasan.
Bunga yang indah dan menarik dijadikan tumbuhan penghias taman.
Membawa bunga yang berbeda bentuk seperti bunga mawar dengan bunga melati.




2.4.9 Mengamati bunga yang telah ditanam dalam pot masing-masing siswa.
Bunga dalam pot.
Bunga dapat tumbuh di pot berisi tanah.
Tidak hanya di tanah luas, tetapi bunga dapat tumbuh di dalam pot dengan tanah yang sedikit.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar